6 Februari 2012

Rumor Kunci Jawaban

hari pertama memulai UN "biasanya" anak - anak kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA sudah membuka - buka HP atau sebuah gulungan kertas. Untuk apa, tentu saja untuk mengecek kunci jawaban. Mungkin tidak hanya mereka bahkan saya pernah mendapat kiriman pesan yang berisi kunci jawaban UN pertama, saya bingung karena saya tidak tahu nomor pengirim itu siapa. Kedua, saya tidak tahu apakah saya akan menggunakannya atau tidak. Akhirnya saya hapus pesan itu. Saat di sekolah ada yang memberi saya secarik kertas, dan ternyata kunci jawaban sudah tertulis dengan rapi pada kertas itu. Saya bingung karena saya tahu pasti orang itu siapa dan kenapa dia memberikannya kepada saya. Akhirnya saya iseng dan melemparnya ke salah satu rambut teman saya yang keriting. Setelah 4 hari saya lewati, saya tinggal menunggu hasil. Teman saya yang memberikan kertas kunci jawaban pada saya waktu itu mendapat hasil yang sangat tinggi. Dua teman lainnya pun begitu. Tapi saya tetap bangga dan tidak kecewa, karena apa yang saya kerjakan adalah kejujuran. Mungkin anda bilang saya sok suci atau sok benar, tapi menggunakan kunci jawaban bukanlah solusi. Apakah anda tahu untuk menulis kunci jawaban, siapapun bisa melakukannya tanpa harus mengerjakkan terlebih dahulu soal tersebut bahkan tanpa mengetahui soalnya seperti apa pun bisa membuatnya. Bagaimana dengan saya, tentunya saya bisa membuatnya, hanya tinggal menuliskan variasi dari huruf A, B, C, D, E untuk 50 soal dan saya menyebarkannya. Tapi itu hanyalah rumor, jika anda percaya silahkan saja namanya juha rumor. Benar atau salah hanyalah suatu probabilitas. Mungking kunci jawaban itu benar mungkin kunci jawaban itu salah. Peluangnya besar untuk benar dan besar pula untuk salah. Saya hanya menjelaskan bukan membuka suatu rahasia. Hal terpenting adalah bagaimana kita memandang kunci itu, jangan sampai terlalu percaya dan jangan menggunakannya juga untuk alasan apapun. Buatlah kunci jawaban sendiri dan gunakanlah itu sebagai jawaban terbaikmu yang akan mengantarkanmu ke nilai yang walau kecil tapi memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar