28 Juli 2013

Universitas? Fakultas? Jurusan?

Hey semuanya apa kabar nih?? setelah sekian lama tidak post lagi kali ini gw akan nge-post tentang sharing-sharing aja sih seputar yg namanya Universitas, Fakultas, dan Jurusan. Buat yang baru lulus atau yang akan merencanakan atau yang kemarin gagal tes masuk perguruan tinggi, gw cuma mau ngasih sedikit cerita buat kalian.

Masuk universitas atau jenis perguruan tinggi lainnya sudah menjadi dambaan setiap siswa SMA setelah mereka lulus dari almamater mereka. Berbagai tes mulai dari tes tertulis yang diselenggarakan oleh negara atau perguruan tinggi itu sendiri sampai tes nilai rapor selama SMA. Itu semua mungkin sedang atau pernah atau akan kalian hadapi guys

Ok kita mulai bahas dari jalan masuk ke perguruan tinggi. Sepengalaman gw dan setau gw ada tiga jalan masuk ke perguruan tinggi nih guys,
   1. Tes tertulis bersama yang diselenggarakan oleh negara (sekarang SBMPTN tertulis),
kelebihan dari jalan masuk ini yang pertama adalah para peserta benar-benar diuji kepintarannya, mungkin lebih tepat strategi dan kecerdasannya. Jadi gag ada yang namanya "gw dulu tuh peringkat satu di SMA gw, gw tuh peringkat segini segini", di jalan masuk ini semua sama, sama-sama diuji untuk benar-benar pantas untuk diterima di perguruan tinggi. Kedua, soal tes ini lebih mudah dibandingkan dengan tes tertulis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Ketiga, sensasi lu lulus dari jalan masuk ini paling tinggi hehe. Sedangkan kekurangan atau kesulitan dari jalan masuk ini yang pertama adalah waktu pengerjaan tes ini sebentar artinya 1 soal harus bisa teman-teman kerjakan dalam waktu sekitar 1 menit. Dalam jalan masuk ini dibutuhkan strategi, kalau gwgw fokus di TPA (Tes Potensi Akademik) soal yang paling mudah dari tes ini, karena TPA menyumbang nilai yang paling besar pula, dan fokus pada soal bahasa yang merupakan "soal tidak perlu mikir" terakhir pilihlah dari soal IPA atau IPS yang kalian bisa (kalau gw: Kimia, Fisika, Matematika, sedangkan Biologi gw nembak hahaha) Kedua, tidak hanya strategi yang teman-teman butuhkan dalam mengerjakan tes ini tapi kita juga membutuhkan mental yang kuat. Banyak kejadian para peserta tes blank saat mengerjakan soal dengan masalah yang paling utama adalah tegang dan rasa kurang percaya diri.

   2. Tes nilai rapor (yang diselenggarakan negara sekarang bernama SBMPTN Undangan),
kelebihan dari jalan masuk ini adalah teman-teman tidak perlu diuji lagi untuk dapat masuk ke perguruan tinggi, teman-teman tidak perlu capek-capek untuk belajar mempersiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi tes tertulis. Kekurangan dari jalan masuk ini adalah saat masuk kuliah, kalian akan menjadi mahasiswa baru yang fresh dalam artian benar-benar tidak ada persiapan sedangkan kalian yang mengikuti tes tertulis tentunya masih dalam keadaan on fire dalam artian banyak bekal atau materi yang dipersiapkan untuk mengikuti perkuliahan. Mengapa demikian? karena seringkali pengumuman tes undangan dan jadwal kuliah terlampau lama sekitar 3 bulanan sedangkan jadwal pengumuman tes tertulis hanya sekitar 1 bulan dari jadwal kuliah (CMIIW).

yang terakhir dan yang mungkin belum semua perguruan tinggi ada jalan masuk ini, yaitu
   3. Talent scouting alias tes bakat, 
kelebihan jalan masuk ini sama dengan tes undangan tapi bahkan nilai kita pun tidak mempengaruhi tes ini, jadi walaupun nilai teman-teman dikatakan hanya cukup baik, itu tidak mempengaruhi, yang dilihat hanya bakat kalian seperti pernah menang perlombaan atau kompetisi. Kekurangan jalan masuk ini adalah biaya masuk kuliah yang relatif tinggi, sepertinya jalur ini merupakan sumber pendapatan tambahan yang menggiurkan ckck, biaya uang pangkal kuliah hampir dua kali dari yang sebenarnya (CMIIW).



Ok jalan masuk sudah dan sekarang saatnya menentukan pilihan. Universitas apa? Fakultas apa? Jurusan apa? still wondering? ok gw kasih tipsnya...



  1. Jangan pernah memilih dengan alasan ikut teman...
  2. Pilihlah universitas favorit di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, atau Institut Teknologi Bandung yang prestasi dan keberadaannya sudah dipercaya berbagai negara lain. Kelebihan dari kita memilih universitas-universitas ini adalah saat kita sudah lulus nanti, peluang kerja kita menjadi semakin besar untuk nama almamater kita yang tidak diragukan lagi.
  3. Fokus pada satu pernyataan, "kejar universitas X" atau "kejar fakultas X"
  4. Ngotot itu perlu! tapi selalu serahkan pada Tuhan. God will give us miracle :)
  5. Jangan pernah memilih satu fakultas yang dalam satu sekolah banyak sekali peminatnya (khususnya bagi teman-teman yang mengikuti SBMPTN Undangan). Maksudnya adalah kenali pesaingmu, apabila dalam satu sekolah sudah ada 10 orang yang memilih fakultas X, jelas peluang teman-teman untuk masuk kecil sekali.
  6. Ingat guru hanya pembimbing, jangan selalu nurut sama guru. Pernyataan yang gw berikan negatif ya haha. Maksud gw terkadang yang dilakukan guru adalah menjaga pamor SMA kalian agar tetap mendapat kuota dalam sebuah perguruan tinggi. Jadi terkadang guru selalu meng-underestimate kalian, "lebih baik ke sini aja" atau "lebih baik yang ini nih". Memang tujuannya baik, agar adik-adik kelas kalian bisa juga mendapatkan kuota tersebut tapi yang terjadi kalau kita terus mengikuti arahan guru adalah salah masuk jurusan, gag betah, gag cocok sama lingkungan kampus, gag bisa beradaptasi dengan baik, dan impian kita tertunda.
  7. Selalu cari informasi tentang perguruan tinggi :)

That's all which I can share to you, mungkin bisa membantu. Jangan pernah berhenti berusaha, gapailah impianmu dan sukses buat kalian semua yang tahun depan akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Danzworld

1 komentar: